• Jumat, 24 September 2021

Umum dan Keuangan

Bagian Umum dan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan urusan surat menyurat, arsip, perlengkapan, rumah tangga, keamanan, keprotokolan, perpustakaan,  dan pengelolaan keuangan.

Bagian Umum dan Keuangan mempunyai fungsi:

  • Mencatat dan mendistribusikan surat-surat masuk dan surat-surat keluar.
  • Menyelenggarakan pengadaan barang persediaan untuk keperluan operasional kantor.
  • Menyimpan dan memelihara surat-surat bukti kepemilikan Barang Milik Negara.
  • Menyelenggarakan administrasi Persediaan dan Barang Milik Negara serta Membuat Laporan Barang Milik Negara Semester dan Tahunan.
  • Menyelenggarakan perawatan pelengkapan kantor dan gedung kantor sesuai dengan rencana dan anggaran yang telah ditetapkan.
  • Mengkoordinir dan mengawasi keamanan kantor dengan bekerja sama baik dengan pengamanan internal maupun dengan instansi terkait untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan operasional kantor.
  • Mengkoordinir dan mengawasi kebersihan halaman dan gedung kantor.
  • Menyelenggarakan administrasi perpustakaan.
  • Menyusun Rencana Kegiatan dan Penarikan Dana pada tahun berjalan.
  • Menerima dan menguji SPP beserta kelengkapannya untuk kemudian menerbitkan SPM.
  • Melaksanakan tugas perbendaharaan yang bersumber dari PNBP dan APBN (DIPA).
  • Membuat laporan keuangan secara periodik (Bulanan, Triwulanan, Semesteran dan Tahunan).
  • Menata dan memelihara dokumen penerimaan dan belanja negara.

 

KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN

I WAYAN AGUS RUDIARTAMA, S.T., S.H., M.T.

TUPOKSI

  • Melaksanakan Penyiapan Pelaksanaan Urusan Surat Menyurat, Arsip, Perlengkapan, Rumah tangga, Keamanan, Keprotokolan, Hubungan Masyarakat, Perpustakaan serta Pengelolaan Keuangan.

 

I.G.A. BAGUS ADIPUTRA, S.E.

TUGAS POKOK

Melaksanakan tugas - tugas sebagai Pranata Keuangan APBN

TUGAS TAMBAHAN

  • Membuat Laporan Register Penutupan Kas setiap Bulan.
  • Membuat Laporan Pertanggung Jawaban ( LPJ ) setiap Bulannya.
  • Membuat Buku Kas Umum dan Buku Pembantu Bendahara Lainnya.
  • Melakukan pemungutan Pajak sesuai ketentuan yang berlaku dan menyetor ke Bank yang ditunjuk dan melaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak.
  • Memproses SPPD yang akan diproses pencairannya.
  • Bertanggung jawab terhadap keamanan, keutuhan dan keselamatan uang kas di brankas.
  • Menjalankan tugas Umum dan Keuangan yang ditetapkan dan diperintahkan Atasan/Pimpinan Pengadilan Negeri.
  • Mengantar SPM ke KPPN Denpasar.
  • Menata arsip Umum dan Keuangan.

 

I KETUT ARNAWA, S.E.

TUGAS POKOK

Melaksanakan tugas - tugas sebagai Pranata Keuangan APBN

TUGAS TAMBAHAN

  • Mengumpulkan data dari kasir perdata, Data Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang akan di setorkan ke kas negara.
  • Menginput data di aplikasi simponi dan mencetak E-Billing dan disetorkan ke Bank Persepsi.
  • Menginput Data ke Aplikasi SIMARI (PNBP).
  • Membuat Laporan Realisasi PNBP Bulanan di Aplikasi SAS dan Aplikasi Komdanas.
  • Mengantar SPM ke KPPN Denpasar.
  • Membuat dan mengelola Data Laporan Aplikasi Komputer Sistem Manajemen Akutansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) , Aplikasi SIMAN dan SIMANTAP.
  • Menata arsip Umum dan Keuangan.

 

I.G.A. SUARY DEWI, S.E.

TUGAS POKOK

Melaksanakan tugas - tugas sebagai Jurusita Pengganti

TUGAS TAMBAHAN

  • Membuat Daftar Gaji, Uang Makan dan Uang Lembur setiap bulan.
  • Mengarsipkan data dan SPM Gaji Hakim dan Pegawai.
  • Membuat SKPP Pegawai Mutasi dan Pensiun.
  • Melaksanakan Rekonsiliasi ke KPPN, PT dan Pn. Denpasar.
  • Mengelola Aplikas SAIBA.
  • Mencetak/ menyusun Laporan Rekonsiliasi dan data dukungnya.
  • Membuat Lap. Keuangan (CALK) setiap Semester dan Tahunan.
  • Membuat dokumen Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang diperintahkan oleh PPK.
  • Membuat Surat Perintah Membayar (SPM) yang diperintahkan oleh PPSPM.
  • Mengantar SPM ke KPPN Denpasar.
  • Menata arsip Umum dan Keuangan.

 

IDA BAGUS KETUT SUWETA

TUGAS POKOK

  • Mengkoordinir Pelaksanakan kebersihan dan memelihara gedung kantor termasuk KM/WC, tanaman dan ruang sidang.
  • Melaksanakan Pengelolaan Perpustakaan (Pencatatan Daftar Buku, Klasifikasi Buku, Daftar Peminjam Buku dan Katalog) ke dalam Aplikasi Perpustakaan.
  • Mengelola Tata Persuratan melalui Aplikasi PTSP.
  • Melaksanakan pengiriman surat-surat ke Instansi lain dan ke Kantor Pos.
  • Mendata tamu dan pengunjung sidang yang datang ke Kantor Pengadilan Negeri Gianyar.
  • Mengkoordinir Pelaksanakan Penjagaan dan keamanan kantor.
  • Menata arsip Umum dan Keuangan.

 

GRATIA PUTRA GULTOM, S.Kom.

TUGAS POKOK

  • Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Manual.
  • Membuat Amprahan Tunjangan Khusus Kinerja (Remunerasi).
  • Mencetak Remunerasi di aplikasi Komdanas.
  • Membuat Laporan ATK ( Alat Tulis Kantor) secara Manual untuk Laporan Catatan Barang Masuk, Laporan catatan Barang Keluar dan Laporan Pencatatan Pengamprahan Barang.
  • Menerima barang-barang dan berkas dropping serta mencatat kemudian membuat tanda terima kepada instansi yang mengirim.
  • Melaksanakan Pemeliharaan Peralatan dan Mesin.
  • Menata arsip Umum dan Keuangan.